September 26, 2013

Liverpool.FC - the way of my football life (1)


Sepakbola saat ini menjadi olahraga paling diperhatikan dan komersil. Sepakbola saat ini menjadi industri paling mengalirkan banyak uang didunia sepakbola. Sepakbola saat in iadalah trend di dunia olahraga. Sepakbola bahkan seolah dijadikan kiblat hidup para suporter - suporter fanatik. 
Saya termasuk penggemar olahraga ini, sebagai pelaku, sebagai penonton dan sebagai supporter salah satu klub sepakbola. Saya petama kali melihat sepakbola di TVRI, saat itu sedang menayang suatu pertandingan, belakangan saya tahu kalau itu adalah Liga Calcio Serie-A (Liga Italia Seri A, kasta tertinggi liga sepakbola di Italia),namun saya belum tertarik. Namun uniknya, klub pertama yang saya kenal justru dari English Premiere League, Liverpool.FC. Belakangan setelahnya saya baru tahu, kota itu adalah salah satu kota legendaris asal sebuah kapal pesiar legendaris yang tenggelam di Atlantic pada 1912,Titanic. Kota Liverpool juga menjadi asal band fenomenal dan legendaris, The Beatles, band yang hanya membutuhkan waktu 9 tahun untuk menjadi legenda dan selalu dikenang dunia hingga saat ini.

Perkenalan saya dengan klub ini betul-betul seperti dipertemukan, bagaimana tidak, saya mengenal Liverpool.FC justru dari tempat yang jauh dari kaitan dengan sepakbola, di Lapak Buku Bekas!. Kok bisa? Pertemuan saya pada Liverpool.FC justru dimulai dari dunia baca, ketertarikan saya pada dunia baca memang sudah sejak kelas 3 SD, buku yang saya sangat sukai untuk dibaca adalah Wiro Sableng! tau kan kalian yang angkatan 80-90an? nanti saya bahas soal buku legendaris karya Bastian Tito ini. Ok, singkat cya, saat itu, kalau tidak salah usia saya 12 tahun, jalan - jalan sendiri cari buku bacaan, disatu lapak buku bekas, tiba - tiba mata saya tertambat pada bendera kain segitiga warna biru bertuliskan "LIVERPOOL.FC". Saat itu, saya tidak pernah tahu apa makna tulisan itu. Singkat cerita saya beli, dan saya tempel di dinding kamar saya. Waktu berlalu. Suatu malam di tahun (yang kalau tidak salah) 1997, saya melihat televisi yang sedang menayangkan suatu pertandingan sepakbola, tim yang saat itu bertanding saya ingat, berwarna merah - merah. "Keren sekali tim berwarna merah itu",pikir saya (baca : keren bajunya merah -merah). Saya memang penyuka warna merah. Entah kenapa, saya tertarik menonton, belakangan saya tahu, klub itu bernama Liverpool Football Club, dan terjawablah makna bendera segitiga berwarna biru yang saya beli di Lapak buku bekas dulu. Saya menyukai tim ini.

 

Tahun 1998, pagelaran World Cup, saya mulai menyukai sepakbola (tapi belum bisa maen bola). Untuk pertam kalinya saya membeli tabloid olahraga B**A. Uniknya, saya tertarik salah satu kolom yang membahas The Rising Star pagelaran akbar tersebut yang berasal dari Inggris, namanya Michael Owen. Masih 18 tahun, namun media begitu gencar memberitakan. Saya mulai kagum dengan sosok itu, dan belakangan saya tahu...pemuda fenomenal itu berasal dari klub yang bendera segitinya pernah saya beli di Lapak buku bekas, Liverpool.FC, bahkan merupakan produk asli klub tersebut. Ajaib menurut saya. Entah bagaimana orang - orang dipertemukan dengan "pasangan"nya, tapi secara sederhana, memang hal ini menunjukan bahwa mau tidak mau, anda harus mengakui bahwa Tuhan memang Maha Perencana. : ).

Dan kisah saya menyukai klub ini, masih berlanjut...


No comments:

Post a Comment

Category