November 13, 2014

Apakah karir begitu penting?



Pagi itu, atasan saya tiba - tiba memanggil saya. Hal yang tidak biasa menurut saya, karena pasti ada sesuatu yang harus dibicarakan. Mungkin ada kesalahan yang saya buat, atau ada pekerjaan saya yang tidak beres, atau bisa jadi ada penugasan baru. Kebetulan atasan saya saat ini agak pelit senyum dan terlihat jarang bercanda, jadi suasana pun agak tegang setiap kali dipanggil beliau. Saya baru promosi ke Kantor Induk 6 bulan lalu. Jadi, baru itu kesan yang saya dapat tentang beliau. 


"Pagi Pak" saya menyapa
"Yah, silahkan masuk" 
"Bapak panggil saya, ada apa pak?" 
"Nih, SK baru kamu..., bapak saya promosikan sebagai Supervisor HSE, saya tidak melihat kandidat lain yang bisa menyaingi bapak" 
"Haaaah?" 

Dan, itulah pengalaman pertama saya sebagai struktural di perusahaan. Dan, itulah kejutan kedua saya selama bekerja di perusahaan ini selama hampir 6 tahun. Yang pertama adalah promosi sebagai staf di Kantor Induk (sebelumnya di Kantor Sektor), dan selang 6 bulan saya mendapat promosi sebagai Supervisor, dan yang mengejutkan adalah struktur organisasi Supervisor HSE adalah pertama kalinya dalam perusahaan ini. Kronologisnya : 6 bulan lalu saya promosi ke kantor Induk, 3 bulan kemudian terjadi perubahan struktur organisasi dan 2 bulan setelahnya saya promosi. 

Bukan jabatan tinggi diperusahaan ini, tapi bukan itu intinya. Bagi saya, setiap pekerja dimanapun harus memiliki pencapaian dalam bekerja. Pencapaian tersebut harus memiliki tren positif. Bagi saya, secara spesifik, setiap pekerja harus setidaknya mencicipi promosi sebagai struktural di tempat dia bekerja, karena itu menunjukan : 1. Anda telah memiliki pencapaian dalam pekerjaan anda. 2. Ada pengakuan dari Manajemen anda, bahwa anda memiliki kapasitas manajerial dan kompetensi teknis. 3. Tentu ada memiliki tambahan power untuk membuat suatu perubahan lebih baik . 

Tahun 2008 - 2009, saya menjalani masa On the Job Training di Bengkulu
Tahun 2009 - Maret 2014, Offically sebagai pegawai di Bengkulu
April 2014 - Agustus 2014, Promosi staf ke Kantor Induk di Palembang
September 2014 - Sekarang, Promosi Supervisor di Kantor Induk

Kurang lebih seperti itulah CV pekerjaan saya. 

Tidak semua bidang memiliki jenjang karir yang baik, tidak sedikit yang terus berkarir sebagai staf. Namun, saya meyakini sebagian besar pekerja, tidak senang berada di pekerjaan dan rutinitas yang sama selama bertahun - tahun. Setidaknya saya salah satu dari sebagian besar itu. Jenjang karir bagi saya adalah bagaimana saya melihat bahwa saya berprogres dalam bekerja. Ini bukan soal saya ambisius, tapi bagaimana anda efektif dan profesional terhadap waktu/umur anda. Anda sama dengan pebisnis yang ingin melihat bisnisnya berkembang, tidak hanya diam pada pencapaian yang sama selama bertahun tahun. 

Saya tidak mendapatkan pencapaian saya saat ini dengan mudah. Dari awal saya diterima bekerja, saya bekerja dengan prinsip profesional. Saya pekerja di perusahaan, perusahaan membayar saya lewat gaji dan saya mengerjakan apapun yang ditugaskan perusahaan kepada saya, sekalipun itu diluar jobdesk saya. Saya tidak membandingkan rupiah yang saya dapatkan sebanding dengan setiap pekerjaan yang ditugaskan kepada saya. Kelebihan pekerjaan yang ditugaskan kepada saya diluar jobdesk adalah kontribusi tambahan saya kepada perusahaan. Sekalipun banyak memakan waktu diluar jam kerja saya seharusnya, tapi bagi saya, tidak masalah, itu adalah bentuk loyalitas saya kepada perusahaan.

Sebagai staf, saya telah berganti atasan langsung 5 kali. dan atasan tidak langsung (atasan dari atasan langsung saya) 4 kali. Setiap atasan saya layani sebaik - baiknya secara pekerjaan. Bagi saya, jika atasan puas dengan hasil kerja saya, maka itu adalah pencapaian saya dalam setiap pekerjaan. Selama kinerja saya dinilai setiap semester, setiap atasan saya memberikan nilai baik. Yang memungkinkan peringkat naik lebih cepat 1 tahun. Dan itu adalah pencapaian saya pada setiap kontribusi. 

Dan ketika saya promosi ke Kantor Induk, kemudian promosi jabatan, maka itu adalah pencapaian saya bekerja selama 5 tahun di perusahaan ini. Promosi ini membuat saya setara dengan atasan saya sebelum pindah ke Kantor Induk. 

Saya senang membagikan ini, karena saya merasa mendapatkan hal ini tidak mudah. Tidak melalui proses lobi - lobi. Sesuai prinsip saya, jika anda butuh kompetensi saya, cari info tentang saya, nilai kelayakan kompetensi saya dan saya akan berkontribusi sebaik - baiknya. Begitulah yang saya alami. 

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Category