December 02, 2014

Pelayanan Informasi PLN Peroleh Apresiasi Bakohumas


Pelayanan Informasi melalui Inter- net yang diselenggarakan oleh PLN memperoleh predikat terbaik 2 kate- gori Kementerian / Lembaga Pemerintah Non Kemeterian (LPKN) / Badan Usaha Milik Negara (BUMN) / Perguruan Negeri Tinggi (PTN) pada Anugerah Media Humas (AMH) 2014 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas). Penghargaan tersebut diberikan oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Freddy Tulung kepada Deputi  Manajer  Hubungan Internal Ida Wardani di Bandung (26/11). Terbaik 1 kategori ini diraih oleh KPK dan terbaik 3 oleh Universitas Brawijaya. 


Pelayanan Informasi melalui Internet dinilai berdasarkan Kinerja website perusahaan dengan indikator desain visual, loading time, interac- tivity (kemampuan webiste untuk mengakomodir respond dari pengguna website), usability (kemampuan sistem agar mudah digunakan). Selain itu dinilai juga dari konten / isi dari website apakah ada ketersediaan informasi publik sesuai dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). 

Website PLN (www.pln.co.id) memang mengakomodir informasi- informasi sesuai amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Informasi KIP tersebut dikelompokkan menjadi satu menu KIP, sehingga masyarakat yang ingin mengetahui informasi perusahaan seperti laporan tahunan, laporan keberlanjutan, laporan keuangan, RUPTL dan lain-lain dengan mudah dapat mengaksesnya.  

Pelayanan informasi publik melalui internet menjadi sangat penting di era teknologi informasi saat ini. Hal ini juga diperkuat melalui Keputusan Direksi (Kepdir) No. 501.K/DIR/2012 tentang Pelayanan, Pengungkapan dan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan PT PLN (Persero). Tahun lalu, PLN berhasil meraih penghargaan dari Komisi Informasi Pusat sebagai terbaik 1 Keterbukaan Informasi Publik 2013 untuk kategori BUMN. 

Keterbukaan informasi juga se- jalan dengan salah satu pilar yang melandasi program PLN Bersih yaitu transparansi dimana keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih. 
Bakohumas adalah sebuah lem- baga Forum Koordinasi dan Kerjasama antar Humas Lembaga Pemerintah, Lembaga Negara serta BUMN. 

AMH dilaksanakan sejak 2006 dan diikuti oleh Kementerian, Kesekretariatan Lembaga Negara,  LPNK,  Lembaga  Penyiaran  Publik (LPP), PTN, BUMN dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 
Ada enam kategori media yang dilombakan pada AMH 2014, yaitu penerbitan media internal, laporan kerja humas tahun 2013, pelayanan informasi melalui internet, advertorial, merchandise utama dan peserta pameran terbaik dalam Bakohumas Expo.


No comments:

Post a Comment

Category