January 20, 2015

McKinsey Insight : Perilaku Kepemimpinan


Saat ini, berbicara mengenai leadership yang mengontrol kinerja, sama seperti berbicara pentingnya oksigen untuk bernafas. Lebih dari 90% CEO telah merencanakan penambhana investasi untuk pengembangan  leadership karena mereka melihat leadership merupakan salah satu hal terpenting dalam isu sumber daya manusia. Dan riset Mc Kinsey yang secara konsisten dilakukan menunjukan bahwa leadership yang baik merupakan bagian yang kritis dalam kesehatan organisasi. 

Isu besar yang belum terselesaikan adalah jenis perilaku kepemimpinan organisasi apakah yang seharusnya mendorong. Apakah kepemimpinan begitu konstekstual sehingga menentang definisi sebuah standar atau melalui pendekatan pengembangan (development). Haruskah perusahaan berkonsentrasi pada upaya - upaya prioritas seperti menjadi panutan/ role modeling , membuat keputusan dengan cepat, mendefinisikan visi, dan membentuk kepemimpinan dinamis yang mudah beradaptasi? Haruskah mereka menekan kebijakan komunikasi yang antusias? Dengan mengabaikan riset akademis dan konsesus lainnya untuk jawaban, program pengembangan kepemimpinan memberikan isu yang sangat luas, mengapa hanya 43% dari para CEO yang yakin bahwa program pengembangannya akan membuahkan hasil. 

Riset Mc Kinsey pada para Pemimpin dengan kualitas kepemimpinan luar biasa tergambar pada 4 perilaku (dari kemungkinan 20 perilaku) yang dijelaskan oleh 89% variasi organisasi (dari yang kuat sampai organisasi kecil) berdasarkan efektivitas dari kepemimpinan. Yaitu : Mendukung (Be Supportive), Menjalankan Organisasi dengan Orientasi Hasil yang kuat (Operate with Strong Result Orientation), Mencari perspektif yang berbeda (seek different perspective) dan Menyelesaikan Masalah dengen Efektif (Solve Problems Effectively). 


Source : McKinsey

No comments:

Post a Comment

Category