March 10, 2015

Pentingnya Melakukan CMC (Coaching, Mentoring, Counseling)



Awalnya saya belum terbiasa dengan istilah CMC atau Coaching, Mentoring dan Counseling. Ya, sebagai bawahan, CMC memang tidak menjadi mandatory. Namun sejak menjadi atasan, istilah ini menjadi sangat familiar karena memang menjadi kewajiban para atasan untuk melakukan Coaching, Mentoring dan Counseling

Coaching adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi / kemampuan orang, sehingga menjadi mampu atau meningkatkan kemampuan menjadi ahli. 

Mentoring  adalah kegiatan pengembangan tanggungjawab SDM dari personil yang lebih berpengalaman pada suatu pengetahuan kepada personil dengan pengalaman yang lebih sedikit atau kegiatan memberikan panduan/pendampingan. 

Counseling adalah kegiatan konsultasi secara pribadi  terkait dengan permasalahan  pribadi karyawan yang dinilai mempengaruhi kinerja karyawan.


CMC menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para atasan. Hal ini saya rasakan ketika saya menjadi bawahan maupun atasan. Ketika menjadi bawahan, ternyata bimbingan, tantangan dan perhatian menjadi suplemen yang berbeda. Jika diberikan diwaktu yang tepat dan dosis yang tepat, ketiganya menjadi booster semangat dan kinerja. Hal yang sama saat ini saat menjadi atasan, saya berusaha menerapkan ketiganya sesuai kebutuhan.

Cara kerjanya begini jika diterapkan terhadap bawahan.
Jika anda memiliki bawahan yang 'nakal' dan berpotensi menggangu kinerja tim atau bawahan anda terlihat lesu, lemas dan bermasalah, maka anda perlu memberikan counseling kepada bawahan tersebut.

Jika anda memiliki bawahan yang pasif dan anda merasa kemampuannya dalam menyelesaikan tugas masih membutuhkan peningkatan, maka anda harus memberikan Coaching kepada bawahan anda.

Dan jika anda memiliki bawahan dengan kinerja luar biasa, anda wajib memberikannya project/tantangan lebih dengan anda sebagai mentornya (Mentoring).

Cara ini dapat dikombinasikan dengan 3 prinsip diatas. Setidaknya hal ini, mulai terasa di tim saya. Ada beberapa perubahan yang terlihat. Dengan bawahan saya rata - rata 15 tahun diatas saya, saya memang lebih banyak melakukan aktivitas coaching, dnegan komposisi antara Coaching, Mentoring, Counseling , sekitar  50:20:30.

Jangan lupa untuk memberkan target yang jelas dan penilain yang adil terhadap pencapaian kinerja masing - masing bawahan anda.

No comments:

Post a Comment

Category