Sponsors

May 25, 2020

It's My Very Special Lebaran - The 1441 H

Hampir semua orang akan mengiyakan, jika ditanya ... Apakah tahun ini adalah lebaran yang paling tidak biasa atau berbeda? Ya, semua dikarenakan adanya pandemik Covid-19 ini. Berbagai kebijakan dikeluarkan, bahkan fatwa baru pun muncul. Mudik dilarang, Pulang Kampung? eh, sudahlah, itu bukan polemik yang harus diperbesar. Intinya, kebijakan dan fatwa tersebut muncul dengan tujuan pengendalian risiko Covid-19. Ada banya cerita dari teman - teman saya yang menggambarkan begitu berbedanya kondisi perayaan lebaran tahun ini. Sebagian besar merasakan pertama kali lebaran online!, pertama kalinya tidak mudik atau pertama kalinya tidak sholat ied di Masjid. 
Seorang teman, di Lampung, di postingan Instagram (IG) nya, mengungkapkan untuk pertama kalinya dia dan kedua anaknya tidak berlebaran dengan suami yang berdinas di Kalimantan yang tidak diperbolehkan mudik tahun ini. Lalu seorang temen kuliah, juga menyampakan di IGnya bahwa lebaran kali ini, pertama kalinya berlebaran di Jakarta, plus pertama kalinya mengimami sendiri Sholat Ied, termasuk khutbah sendiri. Seorang teman lain di Bekasi yang keluaga besarnya di Palembang juga menyampaikan betapa berbedanya tahun ini, karena  tidak dapat berkumpul dengan keluarga besar di Palembang, dan banya serba pertama lainnya. Namun,  beberapa teman lain, tetap masuk as usual, karena memang terkena jatah piket kesiapan pasokan listrik Idul Fitri. 



Lalu bagaimana saya pribadi dan keluarga saya, segimana berbeda ya? ya, hampir sama ... pertama kalinya tidak dikampung halaman saat lebaran selama kurun 35 tahun, pertama kalinya mengImami sholat ied, pertama kalinya lebaran tidak ada pergerakan (karena sudah mutasi ke Bandung), pertama kalinya lebaran online, pertama kalinya lebaran, pertama kalinya tidak mengajukan cuti lebaran, dan ... yang terasa sekali tentu ini : pertama kalinya lebaran ... tanpa Mamah. Mamah yang berpulang tepat pada saat tanggal SK Mutasi Dinas saya yang sangat beliau tunggu tunggu sejak pertama masuk perusahaan ini (hampir 12 tahun), 1 Desember 2019. Sangat berbeda bagi saya lebaran tahun ini. 
Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian, serta Allah ijinkan kita untuk bertemu dengan Romadhon mendatang. Selamat berlebaran dengan new normal. 

Bandung, 24 Mei 2020
(AS)



No comments:

Post a Comment

Category