June 08, 2020

World Environment Day, June 5th



Sejarah

Dimulai pada tahun 1972, merupakan titik balik perkembangan politik lingkungan internasional yang ditandai dengan diselenggarakannya Konferensi Lingkungan Internasional Pertama oleh United Nation (PBB) pada 5-16 Juni 1972 di Stockholm (Swedia),   selanjutnya dikenal sebagai Stockholm Convention 1972. Tujuannya adalah untuk membentuk pandangan dasar bersama tentang bagaimana mengatasi tantangan pelestarian dan peningkatan lingkungan yang berkaitan dengan manusia. Pada 15 Desember 1972, 5 Juni ditetapkan dengan sebagai Hari Lingkungan Hidup Dunia (World Environment Day), bersamaan dengan dibentuknya badan khusus PBB yang menangani isu lingkungan, yaitu UNEP (United Nation Environment Programme). Perayaan pertama World Environment Day pertama dilakukan pada Tahun 1974. Perayaan tahunan World Environment Day pada setiap 5 Juni, telah membantu UNEP dalam meningkatkan kesadaran dunia terhadap isuisu lingkungan yang terus berkembang, seperti : Menipisnya Lapisan Ozon (depletion of the Ozon Layer), Dampak Bahan Kimia Beracun (Toxic Chemical), Penggurunan (Desertification) dan Perubahan Iklim (Global Warming). 


Pesan World Environment Day 2020 : #TIME for NATURE

"Makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, air yang kita minum dan iklim yang membuat Planet kita layak huni, semua berasal dari Alam.

Hari ini, hari yang luar biasa dimana alam mengirimkan pesan kepada kita : UNTUK MERAWAT DIRI KITA, MAKA KITA HARUS MEMELIHARA ALAM. Sudah waktunya untuk bangun, memperhatikan dan mengangkat suara. Sudah waktunya untuk membangun kembali lebih baik Manusia & Planet. THIS WORLD ENVIRONMENT DAY, IT’S TIME FOR NATURE. 



 Refference : 





No comments:

Post a Comment

Category